Pengalaman Service

Rabu, 12 Desember 2012

Service TV Polytron 14" berMesin TV China

Seperti biasa ada servisan TV dari tetangga merk Polytron 14" tapi sudah dimodifikasi dengan mesin TV china dengan kerusakan MATI TOTAL katannya abis kena petir di rumah.
OKe ! kalau begitu TV siap di "bedah" untuk di hidupkan kembali "nyawa"nya  mudah-mudahan bisa amin ya Rabb.
Langsung saja say buka semua skrubnya di body TV dengan soket antena sambungan dari mesin TV china yang mempunyai lubang jack yang kecil makanya disambung dengan yang lubang antena yang umum dipakai banyak orang di Indonesia.
Setelah saya lakukan pembedahan pada Mesin TV china tsb ternyata ada TR STR (D1885) yang mengalami kematian setelah saya cek dengan multitester dan kemudian saya ganti dengan STR yang baru dengan kode yang sama tentunya Baru kemudian saya hidupkan TV yang pertama kali setelah penggantian STR tetapi TV tidak mau hidup juga dan saya hidupkan yang kedua kali sikring malah putus. hemm..... (menghela nafas sejenak sambil mikir). apalagi ya??
Kemudian saya cek lagi komponan di bagian primer pada REGULATOR nya, saya ganti beberapa komponen yang saya curigai resistor kembar R120K yang deket pada elko 450 V / 220 uf, dan juga STR tentunya ganti lagi. setelah dipasang lagi untuk yang kedua kalinya masih tetap mesin TV tidak mau hidup dan STR putus lagi (Sort) cari-cari di mbah google ternyata ada yg muat blog sama masalahnya yaitu TERNYATA !! karena C 681 2kv di jalur PCB C-516 retak di bagian belakangnya dan ada Transistor untuk driver STR bocor kecil (katanya) padahal saya juga gak tau bocornya dimana, hehehe... tanpa pikir panjang akhirnya saya cari driver STR yg bocor kecil tsb (TR C3807) kelihatan masih bagus tapi ganti saja, dan alhamdulillah STR sudah jebol lagi.
Selanjutnya mesin TV masih belum hidup juga hemm... hampir aku putus asa, sudah 5 malam saya terus mencari kerusakannya tapi belum juga ketemu. dan akhirnya saya beli aja REGULATOR dari toko kemudian saya pasang Regulator tsb. Dan alhamdulillah mesin TV sudah hidup normal walau ada suara dengung sedikit dispeakernya dan juga ada warna merah di pojok layar TV tapi gak masalah yang penting hidup aja dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yg baik dan santun.