Pengalaman Service

Minggu, 16 Desember 2012

Kesalahan pasang soket Horizontal ke Vertikal

Pada saat service TV normal tapi warnanya pudar atau blobor-blobor sudah di ganti R-nya dengan Jamper yang ke jalur Heater dari FBT sudah selesai, ketika di pasang ternyata elko di jalur vertikal output ke defleksi meletus akibatnya layar TV cuma tampil garis mendatar saja ditengah-tengah, apes deh... karena kesalahan saya sendiri kenapa gak hati-hati masangnya sebab itu soket Horizontalnya yang satu terpisah jadi mudah sekali untuk salah pasang kalau kurang hati-hati (mesti lebih teliti lagi) akhirnya saya anggap bonus untuk pekerjaan saya dengan mengganti elko 1000uf/35V dan juga IC vertikal juga ikut mati mungkin karna arus pendek disebabkan elco meletus. setelah proses penggantian selesai,tapi ternyata tidak sampai disitu walau gambar sudah membuka atas dan bawahnya tapi masih ada garis-garis putih mulai dari atas hampir sampai bawah garisnya. sudah ganti dioda IN4004 dari kedua kaki IC vertikal yang mungkin bocor karena IC tsb mati sebelumnya, tapi tetap saja belum hilang garisnya begitu saya cek kembali ternyata ada R yang belum saya pasang dengan nilai R150-170 ohm tapi karna gak tersedia ditempat nilai tsb maka saya coba pakai R280 ohm. Dan alhamdulillah.... TV kembali normal walau masih terlihat cenderung dominan warna merahnya. bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yg baik dan santun.