Pengalaman Service

Rabu, 13 Februari 2013

Service TV AKIRA 14" Suara lama keluar sekali keluar kecil sekali dan lama-lama tidak bersuara.

Service TV AKIRA 14" Suara lama keluar sekali keluar kecil sekali dan lama-lama tidak bersuara.
hehehe..... panjang sekali ya judulnya, sorry gan emang seperti itu keadaannya.

HCF 4053BE
TV AKIRA dengan IC Program LC863324A dan IC Chroma LA76810A dengan 2 (dua) IC Power Amply (suara) LA4285 dan ada 2 IC kembar penguat sound system HFC 4053BE.
Dugaan pertama saya ganti langsung kedua IC Power Amply saya kira lemahnya suara diakibatkan dari kedua IC tsb tapi ternyata dugaan saya salah (maklum masih amatiran) hehehe... , walaupun sudah ganti tidak ada perubahan sama sekali kemudian saya coba reboisasi semua elco-elco di sekitar IC Power. Tapi juga tidak ada perubahan sama sekali malah semakin lama suara hilang sama sekali. jadi inilah kenapa tuh judul di atas panjang bener hehehe.... Jadi kesimpulannya IC Power dan elco-elco disekitar masih bagus. hemm.... sampe pusing ane dibuatnya. hampir2 ane pasang potensio untuk volume manual di TV AKIRA 14" atas permintaan dari "empunya" lagian pas dipasang potensionya juga gakbisa karena memang IC penguat suaranya lemah dan akhirnya mati dan tak bersuara walaupun kecil. Saya bersyukur Alhamdulillah kepada Allah melalui teman yang saya anggap "suhu" saya namanya bang Gopin ada yang kenal gak ya?? hehehe,.... ya udah gpp kalau gak kenal juga. :D
Akhirnya sama dia di cek jalurnya dari IC Power Amply yang bersuara dengung kalau disentuh jari pada saat TV "on" teruuss di urut jalurnya ternyata ada jalur pin yang ke IC Chroma LA76810A melalui IC penguat suara HFC 4053BE yang sudah tewas mungkin faktor usia namanya juga udah 13 tahun, hehehe.... akhirnya coba di tukar IC kembar tsb dengan yang ke jalur output yang ada suara, oh ya ane lupa kalau dari output yang dibelakang TV suaranya  keluar tapi gak bisa di setting volumenya. hanya melalui speaker aktif saja.
Kesimpulannya : IC Penguat suara yang tewas.
Alhamdulillah 3 hari TV ini ane taklukin.

NB: Persamaannya IC penguat suara HFC 4053BE dengan yang ada di pasaran TC4053BP 
Persamaannya TC4053BP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yg baik dan santun.