Pengalaman Service

Rabu, 13 Februari 2013

Service TV akari 21" MATI TOTAL dgn FUSE putus terus

Bismillahirrahmanirrahim...

Seperti biasa open seluruh body terlebih dahulu baru kemudian cek seluruh bagian yg saya curigai rusak atau terbakar yang kelihatan hanya fuse 4 Amper yang sudah hangus dan putus mungkin habis konsleting tapi ternyata ada serabut bekas kabel yang dihubungkan di tempat fuse berada. WADUH !! (gumamku) bisa berat nih kerusakannya ! tapi ya sudahlah namanya juga tukang service bagian dari resiko untuk memperbaikinya sampai normal.

Langkah pertama:
Saya test TR Power ternyata sudah sort dan gak lupa TR drivernya juga saya ganti dan tidak lupa fusenya juga saya ganti. Baru kemudian saya test nyalakan TV tapi ternyata fuse putus!

Langkah kedua:
Saya cek kembali TR Power ternyata sort lagi, apalagi nih! ya sudah saya dengan terpaksa ganti lagi TR Power yg sort tsb dan fusenya juga yang putus akibat konsleting yg kedua. tapi saya cari masalahnya kenapa bisa sort??

Langkah ketiga:
Saya curiga ke Dioda Bridge yang berfungsi penyearah arus bolak balik (AC) menjadi searah (DC), ternyata benar dugaan ane ada yang sort dioda bridge nya alias RUSAK dan kemudian saya ganti dengan yang baru.

Langkah keempat:
Tidak sampai disitu kisah TV akari 21" MATI TOTAL dgn FUSE putus terus masih ada masalah lagi walupun fuse/sikring nya tidak putus-putus lagi. tapi masalahnya tuh TV begitu di test gak mau "ON" hemm.... apalagi nih dalam hatiku. Coba ane berguru dulu sama "suhu" ternyata Diodanya yang udah sort. Sekarang ane tau penyebabnya dioada sort itu karena kelebihan muatan pada saat konsleting arus pada regulator TV akari 21" tsb. Kemudian ane ganti diodanya dengan yang sama dari awal dioda itu ada di mesin TV tsb tapi gak ada yang sama ampernya, tapi ane coba amper2 kecil tapi Sort lagi.

Langkah kelima:
Langkah terakhir ane ganti dengan dioda Amper 7Amper. dan Alhamdulillah TV menyala NORMAL dan tahan sampai 2 jam. berarti TV akari 21" sudah AMAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yg baik dan santun.