Pengalaman Service

Jumat, 05 Oktober 2012

Service Mainboard dg Keyboard not conect

Seperti biasa tetangga minta tolong katanya kompi pentium III nya lemot banget minta di perbaiki supaya lebih cepat lagi, sebenernya tuh kompi udah di bawa ke tukang service di sekolah tempat anaknya sekolah tapi katanya (tukang service) mesti ganti mainboard yang harganya 900 rb (WAW !! harga yang cukup fantastis) sedangkan anaknya baru kelas 6 SD, sayang sekali kalau harus mengeluarkan uang sebesar itu. Kebetulan dia tetangga saya dibelakang rumah untuk minta tolong di service (tentunya dengan harga yang lebih murah, hehehe...) ya udah langsung aja :
Kalau ada kasus keyboard gak conect ke PC tapi ketika di colokin lampu indikator ketiganya nyala bersamaan dan mati bersamaan juga tapi ketika di tekan tombol numlock-nya gak nyala itu cirinya kalau not conect (mestinya pas di tekan nyala). 
kerusakan pertama : Pada socket yang nempel di mainboard tsb (ganti aja)
kerusakan kedua : Kalau socketnya sudah diganti tapi malah gak bisa juga dengan ciri tambahan ada suara tit..tit.. pada speaker mainboard ketika dicolok ject keyboard ke mobo tsb. itu berati yang rusak IC yang berhubungan dengan Keyboardnya sort (mungkin karna banyak debu)

Tipsnya: sebelum menyolder dan memblower untuk  merepair sebaiknya di bersihkan dulu debu-debunya dari mobo tsb bila perlu pakai tiner sedikit dengan menggunakan sikat gigi bekas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yg baik dan santun.